Penyebab dan Cara Atasi Fingerprint Tidak Berfungsi Setelah Ganti LCD

Fingerprint Tidak Berfungsi Setelah Ganti LCD – Bagi kalian yang sedang mencari tahu apa saja penyebab Fingerprint Tidak Berfungsi Setelah Ganti LCD dan cara mengatasinya kalian dapat menyimak artikel di bawah ini agar pemahaman kalian bertambah dan dapat mempraktekannya dengan benar yaa..

 

Fingerprint Tidak Berfungsi Setelah Ganti LCD

 

fingerprint tidak berfungsi setelah ganti lcd

 

Hai teman – teman Minku semua, disini Minku akan membawakan artikel yang berjudul Fingerprint Tidak Berfungsi Setelah Ganti LCD. Bagi kalian semua jangan skip artikel ini karena akan bermanfaat untuk kalian semua. Sebelum kita membahas ,ada baiknya kita mengerti pengertian dari Fingerprint itu sendiri. Fingerprint adalah teknologi biometrik yang memiliki fungsi  untuk merekam pola sidik jari yang lalu kemudian pola tersebut akan  disimpan untuk digunakan sebagai kebutuhan identifikasi. Pada awalnya pemindai sidik jari atau fingerprint digunakan khusus pada aktivitas Federation Bureau of Investigation (FBI) pada tahun 1969. Jadi, teknologi sidik jari atau fingerprint ini bukanlah suatu hal yang baru.

 

Kelebihan Fitur Fingerprint pada Smartphone

Diera sekarang, penggunaan ponsel disertai sidik jari bukanlah suatu hal yang asing. Fingerprint memiliki cara kerja sistem yaitu dengan memindai sidik jari pemiliknya ( dalam hal ini smartphone pemilik ), kemudian akan ada  scanning sidik jari ini yang dapat digunakan untuk melakukan perintah tertentu pada smartphone kalian,  baik yang berbasis Android maupun iOS di handphone Apple.

Sebelum kita  menggunakan fingerprint, kita  mesti harus mengatur Password atau PIN untuk antisipasi apabila nanti sensor sidik jari ini tidak bisa digunakan dan hal ini menyebabkan kalian  wajib mendaftarkan sidik jari kalian terlebih dahulu. Fingerprint pada ponsel memiliki fungsi sebagai berikut :

1. Fingerprint Dapat Digunakan sebagai Cara Pintas Membuka Notifikasi

Fingerprint dapat berfungsi untuk mempermudah kalian  menggunakan smartphone diaktifitas sehari-hari. Untuk membuka notofikasi misalnya, kalian tidak perlu mengetuk bagian atas layar smartphone kalian. Tetapi, cukup dengan menyentuhkan jari kalian, lalu geser kebawah pada fingerprint scanner. Untuk bisa menggunakan fitur ini kalian perlu masuk ke menu Setting >> Fingerprint ID >> Aktifkan Show Notifikation Panel.

2. Mengamankan Data dengan Safe

Dengan adanya fingerprint, kalian bisa mengamankan data-data penting di smartphone dengan memanfaatkan piranti fingerprint scanner ini. Dengan menggunakan fitur safe ini maka data kalian akan terenkripsi, sehingga tidak bisa diakses oleh orang lain. Untuk menggunakan fitur ini kalian  perlu melakukan penyetingan, dengan cara buka menu Setting >> Fingerprint ID >> Finger Print Manajemen >> aktifkan fitur safe.

3. Fingerprint Dapat Digunakan untuk Menerima Telepon Tanpa Ribet

Sensor sidik jari ini sepenuhnya mengubah perilaku pengguna smartphone baik handphone Android maupun iPhone. Kalau sebelumnya kalian menerima telepon dengan menekan tombol yang ada  layar handphone, kemudian  kalian baru mendekatkan ke telinga kalian. Kini dengan adanya fingerprint, saat ada telepon masuk kalian bisa langsung mendekatkan ke telinga. Kemudian tekan fingerprint scanner untuk menerima telepon. Terlebih bagian alat pindai sidik jari ini berada di belakang atas, maka kalian masih bisa memegang handphone secara natural. Untuk melakukan pengaturan fitur ini anda masuk ke Setting >> Fingerprint ID >> Kemudian Klik Answer Call.

4. Fingerprint Dapat Digunakan untuk Mengunci Aplikasi

Dengan adanya fitur fingerpint ini, kalian bisa mengunci beberapa aplikasi agar tidak sembarangan digunakan oleh orang lain. Kalian bisa mengunci beberapa aplikasi seperti Youtube, Browser, dan aplikasi penting lainnya.Untuk menggunakan fitur ini anda bisa akses Settings >> Fingerprint ID >> Fingerprint management >> Aktifkan fitur App Lock. Fitur ini akan memberikan rasa aman pada anda dari kemungkinan akun game anda buka orang lain, khusus untuk akun game ini ada tambahan cara mengunci akun game favorit anda.

 

Penyebab Fingerprint Tidak Berfungsi Setelah Ganti LCD

LCD atau Liquid Crystal Display adalah adalah jenis layar yang sering digunakan pada produk berbasis elektronik seperti ponsel, televisi, laptop, sampai kalkulator. Walaupun terbilang sebagai alat lama, namun pemakaian LCD masih mendominasi.  LCD emruapakan salah satu komponen elektronik yang kerap mengalami kerusakan. Sperti pecahnya layar LCD yang mau tidak mau membuat kita melakukan penggunaan LCD. Namun, penggantian layar LCD ternyata membawa dampak negatif seperti fingerprint menjadi tidak berfungsi setelah penggantian LCD.

Hal yang menyebabkan fingerprint tidak berfungsi setelah ganti LCD adalah sebagai berikut :

1. Setelah penggantian LCD tidak ada kalibrasi ulang antara LCD dan fingerprint. Selain itu, untuk melakukan pengkalibariasan ulang antara LCD dan fingerprint dapat dilakukan di service center resmi.

2. Layar LCD diganti menjadi tipe IPS. Layar LCD Tipe IPS menyebabkan fingerprint tidak berfungsi karena sensor fingerprint tehalang oleh layar LCD.

 

Cara Atasi Fingerprint Tidak Berfungsi Setelah Ganti LCD

Ada beberapa cara mengatasi Fingerprint pada hp Tidak Berfungsi Setelah Ganti LCD yaitu dengan cara cara berikut ini yaa  :

1. Kalibrasi ulang antara LCD dan fingerprint hp Anda setelah mengganti layar lcd anda dengan yang baru.

2. Ganti Layar LCD anda dengan sesuai dengan tipe layar lcd yang sesuai dengan yang sebelumnya dan support untuk fingerprint pada layar seperti misalnya Layar Amoled.

 

Akhir Kata

Demikian diatas adalah artikel teknologi mengenai Fingerprint Tidak Berfungsi Setelah Mengganti LCD. Semoga apa yang dituliskan Minku mengenai smartphone ini dapat bermanfaat untuk kalian dan bisa menjadi pertimbangan kalian. Minku juga mohon maaf apabila ada yang kurang kalian pahami. Thank you and see you on next article. Sayonaraaa~