3+ Cara Scan dan Print di Printer Epson L5190 2023, Mudah dan Cepat!

Cara Menggunakan Printer Epson L5190 – Bagi kalian yang sedang mencari tahu cara Menggunakan dan mengoperasikan Printer Epson L5190 untuk scan dan print dokumen kalian dapat menyimak artikel di bawah ini agar pemahaman kalian bertambah dan dapat mempraktekannya dengan benar yaa..

cara scan dan print di printer epson l5190

Cara Menggunakan Printer Epson L5190

Melakukan kegiatan printing di era modern dan penuh teknologi seperti ini bukanlah suatu yang asing. Mulai dari kegiatan pembelajaran, transaksi jual beli, bahkan melakukan kegiatan surat menyurat kita pasti membutuhkan untuk mencetak file-file. 

Bahkan ketika akan melakukan kelulusan kuliah dengan pengerjaan skripsipun kita membutuhkan printer untuk mencetak hasil pengerjaan skripsi tersebut. Maka dari itu, disini  Minku akan memberikan rekomendasi printer dari PT Indonesia Epson Industri. Yap, perusahaan ini memang dikenal sebagai salah satu perusahaan yang selalu menghasilkan printer yang mumpuni.

Perusahaan yang memiliki pabrik di  kawasan EJIP Industrial Park Lot E Jl. Cisokan Raya, Cikarang Selatan, ini  sudah dikenal  sebagai rajanya printer. Selalu mengeluarkan seri printer tiap tahunnya,perusahaan ini merajai per-printerran di Indonesia.

Salah satu seri yang cuku terkenal adalah Printer Epson L5190. Printer ini  merupakan printer keluaran tahun 2018,walaupun sudah dirilis beberapa tahun lalu, printer ini memiliki banyak fitur-fitur yang mampu bersaing dengan printer lainnya.

Printer ini juga kerap disebut sebagai salah satu produk terbaik dari Epson. Selain itu, Printer Epson L5190 juga memiliki spesifikasi yang mumpuni,diantara lain:

  • Memiliki tangki tinta yang minimalis tetapi berkapasitas besar
  • Kualitas dan kecepatan yang luar biasa dan baik
Baca Juga :  5+ Kelebihan dan Kekurangan Mi TV 4 32 Inch 2023, Cek Sekarang!

Kelebihan Printer Epson L5190

Selain dari spesifikasi yang mumpuni, Printer Epson L5190 memiliki banyak kelebihan,diantara lain:

1. Memiliki Desain yang Minimalis

Seri Printer Epson L5190 dikenal memiliki desain yang minimalis dan slim. Selain itu,printer juga ebih hemat tempat dan ringan meskipun memiliki banyak fitur. Bobot printer ini kurang lebih sekitar 5 kg dengan dimensi 37.5 x 34.5 x 23.7 cm.

2. Resolusi  dan Kecepatan yang Istimewa

Printer Epson L5190 memiliki kemampuan cetak yangbaik,printer ini mempunyai resolusi hingga 5760 x 1400 dpi. Sedangkan untuk kecepatan cetak printer ini bisa menembus 10 ipm untuk warna hitam dan 5 ipm untuk gambar berwarna.

3.  Konektivitas Wifi dan Direct Wifi

Printer ini sudah dilengkapi dengan fitur wifi dan wifi direct, sehingga printer ini dapat dihubungkan ke laptop ataupun smartphone kalian. Hal ini  memudahkan kita apabila ingin mencetak data dari ponsel, printer ini bisa dikoneksikan tanpa harus dipindah ke komputer terlebih dulu.

Peralatan rumah yang tidak dihubungkan dengan grounding,dapat menimbulkan masalah. Efeknya ada yang langsung dan tidak langsung.

Baca Juga : Perbedaan Printer Epson L3110 dan L3210

4.  Isi Ulang Tinta yang Mudah

Printer ini memberikan fitur untuk pengisian tinta printer dengan mudah sehingga kita tidak perlu khawatir apabila tangan akan belepotan pada saat pengisian tinta. Selain itu,printer ini juga dilengkapi mekanisme khusus untuk pengisian ulang tangki tinta.

5. Hemat Biaya

Printer ini dirancang dengan banyak keunggulan, salah satunya ada printer ini sangat hemat biaya. Satu botol tinta memiliki kemampuan cetak hitam putih hingga 4.500 dan print warna 7.500 lembar.

6. Tersedia Memori Penyimpanan Fax

di printer ini terdapat fitur Broadcast Fax dan PC-fax, mesin printer ini juga dapat mengirim fax secara komputer dan digital. Selain itu, printer ini bisa menyimpan dokumen hingga 100 halaman.

Baca Juga :  Pengertian dan Perbedaan DVB T2 dan DVB C pada Standar Penyiaran

7. Fitur Adf

Printer ini mampu melakukan pemindaian dan penyalinan dokumen hingga menjangkau 30 halaman.

8. Bergaransi Resmi

Epson memberikan garansi resmi purna jual selama 2 tahun.

Cara Print di Printer Epson L5190

Printer Epson L5190 dikenal sebagai salah satu printer yang all in one.Printer dapat digunakan untuk melakukan pencetakan dokumen, print foto, fotocopy, bahkan scanning. Disini mimin akan menjelaskan cara melakukan print menggunakan Printer Epson L5190.

Dibawah ini adalah cara melakukan Print dan Menggunakan Printer EPSON L5190:

1. Untuk print menggunakan printer Epson L5190 berikut prosesnya.

2. Pastikan Install driver dan semua device eksternal Epson L5190 telah terpasang benar.

3. Buka dokumen office yang akan di-print misalnya dokumen Word atau Excel.

4. Gunakan kombinasi tombol Ctrl + P untuk memulai jendela print.

5. Pastikan pada Printer Name tampak Epson L5190 Series. Print menggunakan printer Epson L5190

6. Klik Properties untuk melakukan pengaturan berikutnya seperti pilihan kertas yang akan digunakan misalnya A4 atau Legal. Untuk pencetakan hitam-putih pilih opsi Grayscale pada bagian Color. Jika sudah selesai klik OK.

7. Untuk memulai proses pencetakan, pada jendela “Print” klik OK.

8. Selamat nge-print menggunakan printer Epson L5190. Jangan lupa isi ulang tinta Epson L5190 jika sudah mendekati batas volume minimum.

Cara Scan di Printer Epson L5190

Terkadang pada saat akan membuat lamaran pekerjaan dengan melampirkan scan file-file dokumenkita perlu  menscan dokumen tersebut menggunakan printer. Disini mimin akan memberikan tutorial cara menggunakan Printer Epson  L5190 yang mudah. Berikut cara scan di printer Epson L5190 yang dapat kalian lakukan melalui dua cara, yaitu secara manual pakai  tombol  atau juga bisa pakai PC.

1. Cara Menggunakan Printer Epson L5190 untuk Scan Lewat Tombol

Epson L5190 memiliki beberapa tombol pada bodi perangkat untuk memudahkan operasional dengan cepat. Pastikan kamu memahami arti simbol pada papan kontrol tersebut dengan membaca buku manual resmi printer epson tersebut ya.

Baca Juga :  5+ Kelebihan dan Kekurangan TV LED Aqua Japan 2023, Cek Sekarang!

Dibawah ini adalah cara menggunakan printer Epson L5190 untuk scan secara manual :

  • Pastikan driver scanner Epson telah terpasang pada komputer.
  • Pastikan Epson Scan 2 dan Epson Event Manager sudah terpasang.
  • Hidupkan komputer beserta Epson L5190 dan tunggu sejenak.
  • Biarkan lampu indikator power pada printer berubah status menjadi ready.
  • Siapkan satu halaman yang ingin kamu scan dan simpan pada scanner.
  • Lihat permukaan bodi printer Epson L5190 yang ada beberapa tombol.
  • Tekan tombol navigasi untuk memilih opsi perintah scan dan tekan OK.
  • Pilih jenis file hasil pemindaian antara JPEG atau PDF sesuai kebutuhan.
  • Tekan tombol start untuk mengkonfirmasi perintah dan printer akan memindai.
  • Biarkan sampai proses scanning dokumen selesai. 

Baca Juga : Printer Canon Pixma MG2570S Kelebihan dan Kekurangannya

2. Cara Menggunakan Printer Epson L5190 untuk Scan Lewat Komputer

Selain via tombol manual, kamu biasa melakukan scanning dokumen secara langsung di unit komputer. Metode ini dapat menjadi opsi alternatif yang mendukung pengaturan lebih lanjut pada parameter scanner Epson L5190.

Dibawah ini adalah cara menggunakan printer Epson L5190 untuk scan pakai PC :

  • Pastikan kamu sudah memasang driver scanner Epson L5190.
  • Tekan tombol power untuk menghidupkan printer dan komputer.
  • Masukkan lembaran dokumen ke dalam sensor scanner printer.
  • Buka aplikasi bernama Epson Scan 2 pada komputer kamu.
  • Akan muncul jendela pengaturan konfigurasi scan dokumen.
  • Pilih document mode dan atur parameter sesuai keinginan.
  • Tekan tombol scan lalu biarkan printer memindai sampai selesai.

Akhir Kata

Sekian artikel Cara Menggunakan Printer Epson L5190 yang dapat saya rangkum dan share untuk anda sekalian semua. Semoga kalian semua semakin paham mengenai Cara Menggunakan Printer Epson L5190 yaa.. dan jika ada suatu hal yang kurang tepat seiring dengan berjalannya waktu yang makin modern ini, itu semua diluar pengetahuan penulis. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian semua. Terima Kasih.