5+ Cara Membuat Siluet di Aplikasi Canva dengan Mudah dan Cepat

Cara Membuat Siluet di Canva – Bagi kalian yang sedang mencari tahu tips dan Cara Membuat Siluet di Canva secara mudah kalian dapat menyimak artikel di bawah ini agar pemahaman kalian bertambah dan dapat mempraktekannya dengan benar yaa..

Cara Membuat Siluet di Canva

Cara Membuat Siluet di Canva

Aplikasi edit yang cukup populer akhir-akhir ini digunakan oleh para pelaku olshop salah satunya adalah Canva. Canva adalah sebuah web atau aplikasi untuk melakukan desain dan melakukan publikasi dengan tujuan memberdayakan semua orang agar dappat dan mampu membuat berbagai macam desain dan mempublikasikannya.

Sebagai perusahaan unicorn, Canva adalah perusahaan yang dapat diperhitungkan. Canva berkantor pusat di Sydney, Australia. Tiga otak utama dari adanya aplikasi ini adalah Melanie Perkins, Cliff Obrecht dan Cameron Adams pada 1 Januari 2012. 

Pada tahun pertamanya, Canva memiliki jumlah pengguna sebanyak 750,000 orang. Lalu pada bulan April tahun 2014, seorang pakar teknologi dan sosial media Guy Kawasaki bergabung ke perusahaan unicorn ini sebagai promotor jenama. Kesukesan Canva berhasil membuat salah satu pendirinya menjadi orang kedua di negara Australia, Melanie Perkins dengan total kekayaan 35 triliun.

Beberapa Fitur Menarik dari Aplikasi Canva

Sebuah karya sesuai dengan keinginan, berikut beberapa fitur yang disediakan oleh canva. Sebagai media edit dan publikasi, Canva memiliki fitur yang menarik, dibawah ini adalah beberapa fitur menarik yang ada di Canva :

1. Template

Canva menyediakan ribuan template yang dapat digunakan dengan berbagai ukuran desain. Karya yang dapat dibuatpun bermacam-macam seperti ukuran cerita instagram, postingan instagram, feed instagram, poster, A4, power point (PPT) dan lain sebagainya. 

Baca Juga :  5+ Cara Sensor Foto di Picsart dengan Mudah dan Cepat Terbaru 2023

Lebih lanjut lagi dalam setiap ukuran tersebut, Canva menyediakan berbagai macam template dengan latar belakang dan font yang menarik.

2. Elemen

Fitur elemen Canva membantu untuk membuat penyusunan desain yang menarik. Canva menyediakan berbagai macam bentuk yang dapat ditempelkan dalam desain. Elemen yang disediakan oleh Canva mulai dari elemen yang sangat sederhana seperti garis, lingkaran, oval, dan lain sebagainya hingga elemen yang bersifat kompleks seperti kartun anak-anak, dewasa, dan berbagai macam elemen kompleks lainnya.

Selain itu, elemen – elemen yang disediakan oleh Canva dapat diubah baik dari warna maupun ukurannya. Di sisi lain, Canva juga menyediakan elemen dalam format bingkai dengan berbagai macam bentuk yang dapat disisipkan foto di dalamnya sesuai dengan bentuk bingkai yang  akan dipilih.

3. Teks

Canva juga menyediakan fitur teks. Hal ini membuat pengguna aplikasi ini dapat menambahkan sisipan kata atau kalimat. Di Canva juga tersedia berbagai jenis dan ukuran font yang variatif sehingga pengguna dapat mengkreasikan kata dan kalimatnya sesuai keinginan mereka sendiri.

4. Foto

Gambar yang dapat ditempelken dalam desain tidak hanya elemen, tetapi Canva juga menyediakan fitur foto yang didalamnya dengan jumlah yang banyak dan beragam. Hal ini membuat pengguna dapat memilih foto yang ditambahkan sesuai dengan desain.

Selain itu, pada proses pemilihan gambar, baik elemen maupun foto, pengguna dapat memanfaatkan fasilitas “search” dalam fitur tersebut untuk menuliskan kata kunci sesuai dengan gambar yang diinginkan pengguna.

Baca Juga : Cara Membuat Denah Lokasi di Canva dengan Mudah

 

5. Bagan

Salah satu fitur menarik dari Canva adalah fitur Bagan. Canva menyediakan fitur ini dengan tujuan untuk memudahkan penggunanya dalam pembuatan desain yang membutuhkan info grafis dalam bentuk bagan. Bagan disediakan dalam beberapa bentuk dan kita dapat memilih sesuai dengan kebutuhan kita atau pengguna Canva.

Baca Juga :  5+ Cara Membuat Mind Mapping di Canva yang Aesthetic dan Menarik

6. Upload Foto

Selain menggunakan berbagai foto yang telah disediakan di Canva, pengguna juga dapat memilih untuk mengunggah foto yang diinginkan untuk ditempelkan dalam desain. Fitur upload foto ini memungkinkan penggunanya untuk dapat berkreasi menggunakan hasil foto yang diabadikan secara mandiri, maupun foto unik yang tidak disediakan oleh canva, seperti logo perusahaan.

Fitur ini memudahkan orang yang awam terhadap desain grafis untuk dapat membuat hasil karya agar terlihat lebih profesioanal. Beberapa fitur disediakan secara gratis oleh Canva, namun beberapa item di dalam fitur tersebut mengharuskan penggunakan mengaktifkan Canva Pro berbayar untuk mengakses item-item tersebut.

Manfaat Fitur Affiliate Canva

Diluncurkan tahun 2013, Canva memeberikan banyak manfaat. Pada tahun 2015 Canva memulai memfokuskan dirinya untuk melakukan pemasaran. Bergabung dengan para influencer ternama sebagai ajang promosinya, afiliasi canva membawa banyak keuntungan kepada para afiliatornya.

Berikut adalah beberapa kategori untuk menjadi afiliator Canva:

  • Influencer Desain
  • Pengajar Desain
  • Memiliki audiens dan exposure yang besar

Selain itu, masih ada beberapa syarat untuk menjadi Afiliator Canva, diantara lain :

  • Aktif di media sosial atau platform marketing digital
  • Memiliki followers dan pengunjung sosial media dan platform yang aktif dan tertarik dengan desain
  • Bersedia mempromosikan Canva di media sosial dan platofrm marketing digital
  • Mampu membuat konten dimanis dan inspirasional tentang desain ( enterpreneurship )

 

Cara Membuat Siluet di Canva Lengkap

Sebagai aplikasi edit, tentunya terkadang kita ingin melakukan proses edit melalui aplikasi Canva. Disini Minku akan memberikan tutorial cara membuat siluet dengan Canva :

1. Langkah yang pertama kita, jika kita ingin membuat melalui smartphone kita bisa mendownload aplikasi di play store atau app store, tetapi jika menggunakan PC kita bisa membukanya melalui web canva.

Baca Juga :  5+ Cara Mengaktifkan Voice Typing di Google Docs, Pasti Berhasil!

2. Jalankan aplikasi Canva lalu buatlah desain baru dengan ukuran yang opsional atau sesuai kebutuhan kita. Kemudian klik tombol + di sebelah bawah lalu masukkan ukuran desain yang diinginkan.

3. Setelah itu tambahkan foto yang akan diubah menjadi siluet. Cara memilih foto adalah dengan pilih tombol + di sebelah bawah desain lalu buka menu Galeri. Jika sudah tambahkan foto yang ingin dibuat siluet.

4. Jika setelah foto sudah ditambahkan dalam desain, pilih foto tersebut lalu buka menu Efek. Kemudian klik efek Duotone.

Baca Juga : Cara Membuat Tulisan serta Teks Melengkung di Canva

 

5. Di efek Duotone tersedia cukup banyak warna yang nanti dijadikan sebagai siluet. Caranya, Pilih warna Sea Blue lalu buka setelan warna tersebut. Kemudian ganti warna Sorotan dan Bayangan menjadi warna hitam. Setelah itu pilih Selesai untuk menyimpan.

6. Agar desain terlihat lebih menarik, kita bisa menambahkannya dengan background. Caranya, buka menu kemudian klik LATAR BELAKANG lalu pilih tema background yang sesuai dengan siluet foto.

7. Untuk langkah terakhirnya kita hanya tinggal menyesuaikan letak foto dengan latar belakangnya supaya terlihat rapi.

Akhir Kata

Sekian artikel mengenai dari Cara Membuat Siluet di Canva yang dapat Mintang buat dan rangkum dan share untuk kalian semua. Semoga setelah ini kalian tidak mendapat kebingungan untuk cara membuat siluet dengan Aplikasi Canva.

Dan jika ada suatu hal yang kurang tepat seiring dengan berjalannya waktu yang makin modern ini, itu semua diluar pengetahuan Mintang. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian semua. Terima Kasih.