10+ Tips Cara Membuat Mockup di Canva agar Bagus dan Aesthetic

Cara Membuat Mockup di Canva – Bagi kalian yang sedang mencari tahu Manfaat, Jenis – Jenis serta Cara Membuat Mockup di Canva kalian dapat menyimak artikel di bawah ini agar pemahaman kalian bertambah dan dapat mempraktekannya dengan benar yaa..

Cara Membuat Mockup di Canva

Cara Membuat Mockup di Canva

Diantara kalian pasti pernah memiliki ide-ide di otak kalian lalu membuat konsep. Dibawah ini Mintang siap membagikan kepada kalian cara membuat Mockup dengan Canva yang mudah sehingga kalian bisa mengikutinya. Canva ini adalah salah satu aplikasi yang memang bisa digunakan untuk apa saja.

Mockup kerap  digunakan untuk membuat suatu brand, tempat usaha , bahkan sebuah produk dengan membentuk konsep yang kuat untuk menarik konsumen dan minat pelanggan. Cara pembuatan Mockup sendiripun terbilang mudah sehingga kalian tidak harus meminta bantuan tukang design. Selain itu, dalam pembuatan Mockup kita harus membuat konsep yang kuat untuk menujukkan sebuah ciri khas.

Pengertian Apa Itu Mockup

Mockup dikenal dengan gambaran yang nyata mengenai suatu konsep yang sedang diolah. Didalam dunia desighn, Mockup ini dkenal sebagai sebuah maket atau presentasi yang dapat digunakan untuk memberikan gambaran visualisasi mengenai karya yang akan dihasilkan atau dibuat.

Manfaat dan Fungsi Mockup

Di dalam dunia design, penggunaan Mockup bukanlah suatu hal yang asing lagi. Selain itu, Mockup memiliki beberapa manfaat sehingga penggunaanya ini memang penting. Dibawah ini adalah manfaat dari Mockup, yaitu adalah :

1. Mockup sebagai media presentasi

Baca Juga :  10+ Tips Cara Membuat Photocard Kpop dan Photocard Bolak Balik

Mockup kerap digunakan sebagai media presentasi karena, biasanya ada beberapa klien tertentu yang memerlukan gambaran visualisasi suatu produk. Selain itu, dengan adanya Mockup sebagai media presentasi kita dapat memberikan perspektif sehingga klien tidak perlu untuk memvisualisasikan-nya sendiri.

2. Mockup untuk memberikan gambaran lebih realistis

Dengan adanya Mockup kita dapat memberikan gambaran yang lebih realistis yang hamper menyerupai hasil final untuk ditampilkan. Selain itu, pada saat melakukan presentasi terhadap Mockup kita dapat memberikan gambaran kepada investor atau stakeholder sehingga memiliki gambaran visualisasi yang sama dengan kita.

3. Membuat Design dengan yang diinginkan

Dengana danya pembuatan Mockup kita bisa menuangkan-menungakan ide ide yang ada diotak kita dan memvisualisasikannya. Selain itu, kita juga bisa memilih warna, design, hingga template sesuai selera kita.

4. Menghemat Biaya

Dengan adanya Mockup kita dapat menghemat biaya cetak yang telah ada karena kita bisa melakukan resivi sebelum cetak dengan Mockup. 

Baca Juga : Cara Membuat Denah Lokasi di Aplikasi Canva dengan Cepat

 

Jenis – Jenis Mockup

Mockup dikenal sebagai rancangan desaign yang terdiri dari beberapa elemen seperti warna, tipografi, layout, dan lainnya. Jenis Mockup pun juga bermacam-macam tidak hanya terdiri dari satu jenis saja. Dibawah ini adalah beberapa jenis Mockup, yaitu :

1. Mockup Kemasan

Yang pertama ada Mockup kemasan. Mockup kemasan kerap digunakan untuk kemasan suatu produk guna menarik perhatian pelanggan. Mockup ini cukup unik dan dibutuhkan oleh designer grafis ketika mengerjakan dresign untuk kemasan suatu produk. 

2. Mockup Stationary

Mockup stationary adalah yang memberikan idenitas dan minat pelanggan terhadap alat tulis yang gunanya untuk membranding badan usaha stationary tersebut. Pada Mockup Stationary, designer grafis diberikan kebebasan untuk berkreasi untuk memberikan semangat royal pada stationary dan estetika.

Baca Juga :  5+ Perbedaan Lomo Card dan Photocard, Kpop Lovers Harus Tahu Ya!

3. Mockup Logo

Logo adalah hal yang paling penting dan menjadi identitas dalam suatu brand. Mockup logo memiliki banyak bentuk dari yang flat hingga yang paling realistic dan paling populer diantara semua jenis Mockup yang ada.

Tutorial Cara Membuat Mockup di Aplikasi Canva

Para designer grafis biasanya membuat Mockup menggunakan aplikasi edit foto software seperti Adobe illustor, photoshop, coreldrawa ataupun yang lainnya. Tetapi, untuk kali ini kita akan membahas cara membuat Mockup menggunakan Canva. Memangnya bisa membuat Mockup dengan Canva? 

Jawabannya adalah bisa, aplikasi ini memang aplikasi yang sangat bermanfaat dan berjuta fitur gratis yang ada. Doa-doa baik untuk pembuat konten gratis di Canva. Bagainana cara membuat Mockup dengan Canva? Dibawah ini adalah tutorial yang dapat Mintang bagikan untuk kalian yaitu cara menbuat Mockup dengan Canva, yaitu :

1. Langkah pertama adalah kalian harus memiliki Canva di smartphone kalian semua. Kalian bisa mendownloadnya terlebih dahulu di app store atau playstore. Jika sudah jangan lupa membuat akun Canva dengan email kalian.

2. Setelah itu buka aplikasi Canva yang ada di smartphone kalian.

3. Setelah itu kalian bisa membuat berbagai design apapun, namun untuk membuat Mockup kalian membuat Flyer Camping lalu klik tombol “ + “ yang ada dibagian kanan bawah.

4. Setelah klik “ Template “ kemudian masukan kata dikolom pemcarian dengan keyword “ Camping “.

5. Setelah memilih template tertentu lalu klik “ Edit “ dan buat design yang kita inginkan.

Baca Juga : Cara Membuat Pamflet Aesthetic di Aplikasi Canva

 

6. Jangan lupa untuk mendownload design yang kalian inginkan.

7. Setelah itu kembali lagi ke langkah awal, masuk ulang ke aplikasi Canva kemudian buatlah template Mockup kemudian klik “ Ilustration “ lalu pilih “ Frame “.

Baca Juga :  5+ Cara Membuat Mind Mapping di Canva yang Aesthetic dan Menarik

8. Pilihlah frame yang kalian inginkan kemudian klik tanda pensil

9. Setelah itu klik “ Gallery “ lalu pilih design yang sudah kita buat diawal yaitu design Flyer Camping.

10. Jika pembuatan sudah selesai jangan lupa untuk mendownload Mockup kalian. Mockup bisa disimpan di berbagai format apapun.

Akhir Kata

Demikian diatas adalah artikel mengenai Cara Membuat Mockup di Aplikasi Canva. Semoga apa yang dituliskan Mintang bermanfaat untuk kalian dan bisa menjadi pertimbangan kalian. Mintang juga mohon maaf apabila ada yang kurang kalian pahami. Thank you and see you on next article. Sayonaraaa~