5+ Cara Mengaktifkan Voice Typing di Google Docs, Pasti Berhasil!

Cara Mengaktifkan Voice Typing di Google Docs – Bagi kalian para pemakai google docs yang sedang mencari tahu Cara Mengaktifkan Voice Typing di Google Docs kalian dapat menyimak artikel di bawah ini agar pemahaman kalian bertambah dan dapat mempraktekannya dengan benar yaa..

Cara Mengaktifkan Voice Typing di Google Docs

Cara Mengaktifkan Voice Typing di Google Docs

Google adalah salah satu perusahaan terbesar didunia. Perusahaan yang berbasis dibidang teknologi memang memberikan banyak manfaat dan informasi kepada orang-orang yang ada didunia. Perusahaan ini tidak hanya bisa digunakan sebagai mesin pencarian saja tetapi juga banyak manfata yang salah satunya Google Docs.

Perusahaan yang berkantor pusat di California ini memang berkembang secara pesat. Fitur-fitur dan layanannyapun juga memuaskan sehingga perusahaan ini terus berkembang dan tidak ditinggalkan. Hampir informasi jenis apapun dapat kita temukan dengan mesin pencarian ini.

Google tidak hanya sebatas mesin pencar informasi. Tetapi, masih ada jenis aplikasi lainnya seperti Google Maps, Google Berita, Google Docs, dan masih banyak lainnya. Semua itu dapat digunakan dan dimanfaat sesuai dengan kebutuhan kita masing masing.

Manfaat Aplikasi Google Docs

Google adalah salah satu aplikasi besutan Google. Aplikasi ini bisa digunakan sebagai aplikasi alternative selain Microsoft Word untuk memproses dokumen. Aplikasi ini memiliki manfaat dan dapat digunakan untuk berbagi, mengedit, dan membuat dokumen.

Google Docs merupakan layanan pengolah kata gratis yang disediakan oleh Google berbentuk office suite. Kita bisa membuat, mengedit, dan berbagi dokumen untuk diakses dimana saja dan kapan saja

Baca Juga :  5+ Cara Sensor Foto di Picsart dengan Mudah dan Cepat Terbaru 2023

Fitur dari Google Docs pun lengkap sehingga kita akan sangat terbantu dengan adanya aplikasi ini. Google Docs juga dapat digunakan untul membuat berbagai dokumen-dokumen penting apabila kita tidak memiliki Microsoft Word. Google Docs untuk penggunaanya tidak hanya bisa digunakan di smarthone tetapi juga bisa digunakan  di laptop atau PC kalian.

Fitur – Fitur Menarik dari Google Docs

Rasanya besutan aplikasi dari Google Docs ini memang selalu dilengkapi dengan fitur apik dan menarik. Lalu saja sih fitur-fitur dari Google Docs? Dibawah ini adalaha beberapa fitur yang ada di Google Docs:

1. Fitur Offline

Meskipun  Google Docs itu berbasis online, ternyata Google Docs juga dapat digunakan secara offline. Cara penggunaan Google Docs secara offline adalah pertama klik mengklik menu File, lalu klik pilihan “Make available offline”. 

Jika kita sudah mengaktifkan fitur ini maka kita bisa mengedit dokumen  tanpa harus mengaktifkan internet dan menggunakn paket data. Selain itu, ketika ponsel kita sulit untuk  mendapatkan sinyal, maka dokumen di Google Docs dapat kembali dilihat dan edit seperti biasa dengan pengguna lainnya.

Fitur offline ini akan memang sangat bermanfaat terutama jika ketika kita sedang bepergian jauh ke tempat yang tidak terjangkau sinyal namun harus tetap menyelesaikan pekerjaan atau tugas secara tepat waktu.

2. Fitur Download

Pada saat membuat dokumen di Google Docs, biasanya kita dibingungkan untuk bagaimana cara mengirimkan dokumen tersebut ke orang lain. Untungnya, di Google Docs terdapat fitur yang dapat digunakan dan memungkinkan  untuk men-download dokumen yang sedang dikerjakan. 

Dokumen yang didonwloadpun akan tersedia dengan berbagai format, Microsoft Word (.docx), OpenDocument Format (.odt), Rich Text Format (.rtf), PDF Document (.pdf), Plain Text (.txt), Web Page (.html, zipper), dan EPUB Publication (.epub). 

3. Terdapat Fitur Share

Baca Juga :  5+ Cara Membuat Brosur di Aplikasi Canva secara Mudah dan Cepat

Salah satu fitur unggulan dari Google Docs adalah fitur share yang memungkinkan kita untuk membagikan dokumen dengan kepada siapapun tanpa harus mengirim melalui share it atau Bluetooth. 

Fitur unggulan  ini bisa digunakan dengan cara memasukkan email pengguna lain dan mengirimkan undangan untuk membuka sebuah dokumen, atau bisa juga dengan membagikan link dari dokumen tersebut. Selain itu, kita juga dapat memilih siapa saja yang hanya bisa melihat, memberikan catatan, atau menulis dan mengedit dokumen secara bebas sehingga hal ini meminimalisir kebocoran data. 

Satu dokumen Google Docs (termasuk Google Sheets dan Google Slide) dapat dilihat oleh 200 orang secara bersamaan. Batas maksimal untuk mengedit secara bersamaan adalah 50 orang.

Apa Fungsi Fitur Voice typing di Google Docs?

Voice typing adalah fitur yang mampu mengubah suara menjadi teks. Kamu cukup menyuarakan apa yang ingin ditulis di dekat speaker. Lalu, menggunakan program text-to-speech, suara tersebut akan diketikkan secara otomatis pada dokumen.

Cara Mengaktifkan Voice Typing Secara Mudah di Google Docs

Voice typing ini sebenarnya adalah hasil pengembangan dari engine speech to text yang dipelopori salah satunya oleh tim developer Google, sehingga menghasilkan fitur dan teknologi baru seperti Voice Typing.  Lalu, bagaimana cara mengaktifkan Voice Typing? 

Jika ingin memanfaatkan fitur Voice Typing melalui PC, pengguna harus memastikan pengaturan bahasa sudah benar. Agar bisa menggunakan fitur tersebut, ubah pengaturan bahasa menjadi Bahasa Inggris. Dibawah ini Mintang akan membagikan kepada kalian bagaimana cara mengaktfikan Voice Typing di Google Docs :

1. Langkah yang pertama adalah membuat akun Google Docs di browser atau handphone. Untuk membuat akun cukup dengan menggunakan email kalian.

Baca Juga :  5+ Cara Membuat Siluet di Aplikasi Canva dengan Mudah dan Cepat

2. Setelah itu buatlah dokumen baru di Google Docs, untuk kali ini kita akan membuat dokumen dengan Laptop ( melalui browser ). 

3. Selanjutnya adalah arahkan kursor kemudian klik menu Tools di bagian atas jendela aplikasi dan pilih menu Voice Typing. Untuk lebih memudahkan, kalian bisa juga dengan menggunakan pintasan cepat dengan cara menekan tombol-tombol jalan pintas, yaitu klik tombol Ctrl + Shift + S secara bersamaan di keyboard laptop/PC yang sedang kalian gunakan.

4. Jika sudah, maka akan muncul notig Izinkan Akses Mikrofon “, jika muncul notifikasi tersebut di bagian atas browser lalu klik “ Izinkan”agar Google Docs dapat menerima suara yang kita  ucapkan.

5. Kalian juga bisa memilih bahasa dari voice typing, kalian juga  dapat memilih beragam bahasa seperti Inggris, Arab, dan juga Indonesia sesuai dengan bahasa yang perlu kalian tulis pada dokumen tersebut. Pengaturan atau setting bahasa sangatlah penting saat menggunakan Google Docs. 

6. Langkah terakhir adalah ketuk icon speaker yang berwarna hitam hingga berubah menjadi warna merah. Jika sudah, kalian dapat langsung mengetik menggunakan suara, cukup ucapkan kalimat yang akan kalian tulis di dokumen dan selanjutnya kalian bisa langsung melihat tulisan tersebut di layar Google Docs. 

Akhir Kata

Demikian diatas adalah artikel mengenai Cara Mengaktifkan Voice Typing di Aplikasi Google Docs. Semoga apa yang dituliskan Mintang bermanfaat untuk kalian dan bisa menjadi pertimbangan kalian. Mintang juga mohon maaf apabila ada yang kurang kalian pahami. Thank you and see you on next article. Sayonaraaa~