5+ Perbedaan Suara Speaker 4 Ohm dan 8 Ohm pada Impendansi Audio

Perbedaan Suara Speaker 4 Ohm dan 8 Ohm – Bagi kamu pecinta speaker yang sedang mencari tahu pengertian dan apa saja Perbedaan Suara Speaker 4 Ohm dan 8 Ohm kalian dapat menyimak artikel di bawah ini agar pemahaman kalian bertambah dan dapat mempraktekannya dengan benar yaa..

 

Perbedaan Suara Speaker 4 Ohm dan 8 Ohm

 

perbedaan suara speaker 4 ohm dan 8 ohm

 

Pada saat mendengarkan music entah melalui speaker atau ponsel tentunya kita akan memberikan pengaturan untuk mengatur keras atau tidaknya suara yang dihasilkan dengan tujuan agar dapat terasa nyaman ke kulit kita. Selain itu, ternyata output suara yang dihasilkan juga tentunya tetap mengalami perbedaan tergantung dari jumlah besaran ohm yang dikeluarkan.

Membahas mengenai satuan “ ohm “ tentunya ketika mempelajari IPA pada saat SMP pasti perneh mendengar tentang istilah ini. Speaker sebagai salah satu benda elektronik yang mengeluarkan output suara tentunya memiliki hasil yang berbeda tergantung dari jenis, merek, spesifikasi, dan suara output ohm yang dihasilkan.

Berhubungan dengan adanya hal ini tentu saja kita penasaran apakah memang suara yang dihasilkan oleh speaker dengan 4 ohm dan 8 ohm itu berbeda? Lalu apabila hal tersebut menunjukkan perbedaan yang siginifikan? Bagi kalian yang penasaran mengenai hal ini maka simak artikel ini hingga selesai karena mintang akan membahas mengenai Perbedaan Suara Speaker 4 ohm dan 8 oihm.

 

Pengertian Fungsi Hukum Ohm

Mendengar mengenai perbedaan suara yang dihasilkan antara speaker dengan nilai 4 ohm dan 8 ohm. Trentunya diantara kalian penasaran apa yang dimaksud dengan ohm? Ohm adalah satuan Standar Internasional mengenai impedansi listrik atau jika dalam kasus searah merupakan hambatan listrik. Satuan Ohm ditemukan oleh ilmuwan George Ohm pada tahun 1827.

Selain itu, juga terdapat hukum impedansi speaker. Yang dimaksud dengan Impedansi Speaker adalah sebuah aparameter yang digunakan untuk menentukan ukuran nilai resistansi ppada arus bolak balik atau yang lebih dikenal dengan arus AC. Maksud dari impedansi speaker sendiri adalah besarnya nikai resistansi atau besar tahanan speaker apabila diukur dengan menggunakan ohm meter.

Terdapat beberapa jenis speaker yang menghasilkan impedansi yang berbeda misalnya dengan impedansi 4 ohm, 8 ohm, 16 ohm, dan lain sebagainya. Dengan besaran impednasi yang berbeda dari 4 ohm dan 8 ohm tentunya juga akan menghasilkan perbedaan suara. Hal ini menjadi alasan mengapa adanya perbedaan suara terhadap suara speaker 4 ohm dan 8 ohm.

 

Jenis – Jenis Suara Speaker

Mendengar mengenai speaker tentunya sudah tidak asing lagi terdapat dua tipe jenis suara speaker yaitu Woofer dan Sub Woofer. Suara speaker yang dibedakan berdasarkan frekuensinya biasa disebut dengan Woofer dan Sub Woofer yang mengandung pengertian :

1. Sub Woofer

Sub Woofer adalah jenis speaker yang memiliki kemampuan frekuensi dari 20 hingga 200 hz. Sub Woofer biasanya disambungan pada speaker aktif atau berada dalam ruangan dan mobil. Selain itu, sub woofer memberikan kemungkinan bahwa dapat membuat nada rendah atau suara bass terdengar lebih jelas.

2. Woofer

Selanjutnya adalah jenis suara speaker yang kedua woofer. Woofer adalah jenis  tipe suara yang memilki kemampuan frekuensi yang cukup rendah yaitu berkisar antara 40 hingga 100 hz. Dengan frekuensi tersebut maka akan menghasilkan suara yang cenderung ngebas. Speaker dengan jenis suara Woofer kerap kali ditemui dalam jenis speaker aktif ruangan.

 

Perbedaan Speaker 4 Ohm dan 8 Ohm Secara Lengkap

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya speaker adalah alat ayng digunakan mengeluarkan suara, sedangan ohm adalah suatu hambatan listrik. Kali ini kita akan membahas mengenai perbedaan suara speaker 4 0hm dan 8 ohm. Oleh karena itu, mintang akan membagikan mengenai perbedaan dari speaker 4 ohm dan 8 ohm secara lengkap dan terperinci :

1. Suara speaker yang dihasilkan oleh 4 ohm terdengar lebih keras dan kencang dibandingkan dengan volume suara speaker 8 ohm.

2. Speaker 4 ohm memiliki impendasi yang berat berbeda dengan main impedansi pada speaker 8 ohm

3. Speaeker 4 ohm dapat menjangkau hingga 50 meter sedangan 8 ohm memiliki jarak radius meter yang lebih terbatas

4. Transistor power speaker 4 ohm cenderung lebig cepat panas dibandingkan dengan transistor power speaker 8 ohm.

5. Speaker 4 ohm memiliki beban power watt lebih kecil dibandingkan dengan power beban watt speaker 8 ohm yang lebih besar

6. Speaker 4 ohm berfungsi untuk speaker mobil atau car audio berbeda dengan speaker 8 yang berfungsi untuk speaker rumah atau home speaker

Jadi dapat disimpulkan untuk perbedaan dari segi suaranya untuk speaker 4 ohm akan terdengar lebih keras dan kencang. Jadi penggunaanya menyesuaikan kebutuhan masing – masing yaa..

 

Akhir Kata

Demikian diatas adalah artikel mengenai Perbedaan Suara Speaker 4 Ohm dan 8 Ohm. Semoga apa yang dituliskan kami dapat bermanfaat untuk kalian dan bisa menjadi pertimbangan kalian dalam memilih speaker. Kami juga mohon maaf apabila ada yang kurang kalian pahami. Thank you and see you on next article. Sayonaraaa

Komentar ditutup.