2+ Cara Merakit Power OCL 150 Watt Mono agar Output Suara Bagus

Cara Merakit Power OCL 150 Watt Mono – Bagi kamu pecinta speaker yang sedang mencari tahu apa saja Cara Merakit Power OCL 150 Watt Mono maka kalian dapat menyimak artikel ini hingga selesai agar kalian bisa mengetahui dan mempraktekan mengenai kiat-kiat ini dengan benar dan tepat.

 

Cara Merakit Power OCL 150 Watt Mono

 

cara merakit power ocl 150 watt mono

 

Sedang mencari cara untuk melakukan perakitan Power OCL 150 Watt Mono? Dibawah ini kami telah membuat rangkuman kepada kalian untuk Cara Merakit Power OCL 150 Watt Mono. Jadi, untuk kamu wajib simak artikel ingin hingga selesai agar kalian dapat mengetahui langkah dan cara-cara yang dapat dilakukan untuk suatu cara membuat dan merakit Power OCL 150 Watt Mono dengan hasil yang baik dan bagus nantinya.

 

Bahan – Bahan Merakit Power OCL 150 Watt Mono

Bagi sobat mintang yang akan beraksi utuk melakukan perakitan dalam pembuatan Power OCL 150 Watt mono maka kalin harus menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Lalu, untuk sobat mintang sudah mengetahui apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi alat dan bahan dalam perakitan Power OCL 150 Watt Mono?

Bagi sobat yang sudah penasaran alat dan bahan apa saja yang diperlukan dalam pembuatan dan perakitan Power OCL 150 Watt Mono, diantara lain adalah:

1. Satu speaker berukuran mini dan satu buah tweeter

2. Jack HP Stereo yang memiliki 2 srip

3. Kit Power Ampli 150 watt mono

4. Potensiometer 10k dengan 3 kaki

5. Dua buah Elco ukuran 4700 uf 50 Volt

6. Kabel dan jack steker listrik

7. Satu Dioda bridge 5 A

8. Satu Traf CT berukuran 5 atau 3 Ampere

 

Tutorial Cara Merakit Power OCL 150 Watt Mono yang Bagus

1. Cara Pertama untuk Merakit Power OCL 150 Watt Mono :

Secara umum, ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk melakukan perakitan Power OCL 150 Watt Mono. Sebagai sumber referensi maka mintang sudah menyedikan du acara pembuatan rangkaian dan perakitan untuk Power OCL 150 Watt Mono.

Bagi sobat mintang yang sudah penasaran, maka dibawah ini adalah urutan dan Langkah-langkah pembuatan serta urutan cara perakitan OCL 150 Watt Mono, diantara lain adalah :

1. Langkah pertaama adalah sambungkan Kabel Steker listrik ke Trafo (Sambungkan ke 0v dan 220v)

2. Langkah kedua jika kabel sudah terhubung ke trafo kemudian sambungkan output trafo 18v kanan dan kiri ke Diode Bridge yang lambangnya ~ (gelombang terserah kanan dan kirinya). Ingat, ada 2 yang harus di sambung.

3. Setelah itu, untuk output yang berasal dari dioda yaitu Plus (+) sambungkan ke ELCO + dan juga untuk output yang Minus (-) juga sambungkan ke ELCO (-). ( dalam hal ini untuk kedua ELCO digabung menjadi satu dengan cara di seri).

4. Untuk Langkah keempatnya adalah CT atau ground di trafo Sambung ke CT Elco, jika sudah jangan lupa juga untuk menyambungkannya juga ke CT Power Amplifier, begitu juga (+) dan (-).

5. Selanjutnya adalah memasang ke 3 kabel diatas (+) (-) dan (G) ke terminal supplay KIT AMPLIFIER

6. Untuk Langkah keenam adalah tahap akhir yang biasa disebut dengan Finishing. Dalam tahapan ini kita hanya tinggal untuk melakukan pemasangan terhadap speaker dan jack + potensio.

 

Tips Cara agar Suara Output Power OCL 150 Watt Mono Bagus

Selain itu, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengasilkan suara output power ocl yang bagus, yaitu :

a. Untuk sobat mintang bisa menambahkan variasi pada kit power, seperti menambah tone controle dengan diletakkan pada posisi potensiometer, karena potensiometer yang ada diatas itu sebagai pengganti tone control.

b. Selain itu, kalian bisa untuk menambahkan lampu led sebagai tanda nyala atau mati powernya.

c. Untuk penambahan kipas kecil juga dapat dilakukan agar trafo tidak kepanasan meskipun sudah dinyalakan semalaman atau dalam jangka waktu yang cukup lama.

d. Dengan menambah berbagai komponen diatas maka jangan lupa untuk menambah daya output transformator, dengan perhitungan daya yang dibutuhkan kit power dan tone controle.

e. Untuk sobat mintang yang menambahkan kipas 12v bisa diambilkan di sisi primer trafo 0-12v (dirubah ke DC dulu tentunya dengan memasang dioda bridge/kiprok dan elco).

 

2. Cara Kedua untuk Merakit Power OCL 150 Watt Mono :

Dibawah ini adalah urutan Langkah kedua untuk melakukan perakitan OCL 150 Watt Mono, diantara lain:

1. Langkah pertama adalah memilih power ocl nya karena ada 3 macam jenis power yang 150 watt,yaitu jenis jengkolan, sanken, TIP. Untuk sobat mintang bisa memilih untuk  merangkai yang jenis yang mana,tapi kali ini mintang  akan membagikan cara dengan merakit yang transistor jenis jengkolan karena menurut mintang untuk  jenis transistor ini kalau buat di dalam rumah sudah cukup enak di dengar dan nada-nada yang di hasilkanpun seimbang.

2. Langkah kedua adalah dengan memilih pasanganya yaitu tone control,sedangkan tone control banyak jenisnya tinggal sesuaikan saja.

3. Setelah itu  adalah untuk  power suplaynya semakin banyak elco semakin bagus.Dan untuk sobat mintang jangan melupakan tentang speaker protector. Speaker protektor adalah sebuah  hal yang fungsinya untuk mencegah terjadinya lonjakan tegangan pada waktu pertama menyalakan power ampli sehingga speaker jadi aman.

 

Baca Juga : Tutorial Cara Merakit Speaker Aktif Subwoofer yang Bagus

 

4. Langkah keempat adalah jangan lupa untuk merakit komponen yang sudah ada berikut tinggal merakitnya

5. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal kalian bisa  menggunakan trafo yang bagus. Semakin besar daya ampernya maka akan membuat  power tersebut bisa bekerja secara maksimal.

6. Ketika perakitan sudah selesai sobat mintang hanya tinggal memasukan ke box. Uuntuk boxnya sendiri disesuaikan dengan besarnya rangkaian power OCL 150 Watt mono yang sudah kalian buat dan  di susun secara rapi didalam box. Setelah selesai semua tinggal dicoba hasil power  rakitan sendiri.

 

Akhir Kata

Demikian diatas adalah artikel mengenai Cara Merakit Power OCL 150 Watt Mono. Semoga apa yang dituliskan kami mengenai accessories speaker ini dapat bermanfaat untuk kalian dan bisa menjadi pertimbangan kalian. Kami juga mohon maaf apabila ada yang kurang kalian pahami. Thank you and see you on next article. Sayonaraaa~