✓ Bahan dan Cara Membuat Power Supply untuk Modul MP3 Lengkap

Cara Merakit Power Supply Untuk Modul MP3 – Bagi sobat yang sedang mencari tahu apa saja Cara Merakit Power Supply Untuk Modul MP3 maka kalian dapat menyimak artikel ini hingga selesai agar kalian bisa mengetahui dan mempraktekan mengenai kiat-kiat ini dengan benar dan tepat yaa..

 

Cara Membuat Power Supply Untuk Modul MP3

 

Cara Membuat Power Supply untuk Modul MP3

Power supply merupakan salah satu komponen vital dalam modul MP3 yang bertanggung jawab untuk menyediakan daya yang dibutuhkan oleh seluruh sistem. Modul MP3 adalah perangkat elektronik yang memungkinkan kita untuk memutar dan mengelola file audio dalam format MP3.

Power supply pada modul MP3 berfungsi untuk mengubah tegangan arus listrik yang diterima dari sumber daya eksternal menjadi tegangan yang sesuai untuk menyuplai daya ke semua komponen dalam modul. Komponen-komponen tersebut termasuk mikrokontroler, DAC (Digital-to-Analog Converter), op-amp (Operational Amplifier), memori, dan modul audio.

Modul MP3 biasanya menggunakan power supply dengan tegangan 5 volt DC atau 3,3 volt DC. Penggunaan power supply yang stabil dan berkualitas tinggi sangat penting untuk menjaga kinerja modul MP3 yang optimal. Gangguan pada power supply seperti fluktuasi tegangan atau noise dapat mengganggu kualitas suara yang dihasilkan.

Selain itu, power supply pada modul MP3 juga harus dilengkapi dengan perlindungan tegangan, perlindungan arus, dan perlindungan terhadap lonjakan listrik yang dapat merusak komponen elektronik. Perlindungan ini penting untuk menjaga keandalan dan umur panjang modul MP3.

Dengan pemahaman yang baik tentang pengertian dan fungsi power supply serta cara pembuatannya di modul MP3, kita dapat memastikan bahwa modul MP3 kita berfungsi dengan baik dan menghasilkan kualitas suara yang memuaskan.

Baca Juga :  ✓ Pin Protek TV Sharp Lengkap : List Kode dan Data Terbaru 2024

Seperti yang sudah kita ketahui ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk melakukan perakitan power supply yang akan digunakan pada modul MP3. Tapi, sebelum kita mengetahui tips dan bagaimana cara perakitannya mintang akan membagikan kepada kalian semua untuk alat dan bahan apa saja yang diperlukan untuk merakit power supply untuk modeul MP3.

 

Alat dan Bahan Pembuatan Power Supply Modul MP3

Dibawah ini adalah beberapa alat dan bahan yang diperlukan untuk melakukan perakitan power supply Modul MP3, diantara lain :

– Modul rangkaian power amplifier

– Modul USG Pre Amp

– Spekaer dengan 4 ohm dan memiliki diameter sekitar 5 inch atau lebih

– Kotak Kayu / Box untuk Frame

– Aki / bateria minimal bertegangan 12 Volt dan 5 AH

 

Daftar Komponen Power Supply untuk Modul MP3 :

R1, R1’ = 1k

R2 = 15Ω

R3, R4 = 2k2

VRa dan VRb = potentiometer stereo 50k

C1, C1’ = 2,2µF/50V

C2, C2’ = 102

C3, C3’ = 1000µF/16V

C4 = 2200µF/16V

C5 = 470µF/16V

C6, C7 = 4,7µF/25V

IC = LA4225 / LA4425

Spkr L, spkr R = Speaker 4Ω.

 

Tips Cara Pembuatan Power Supply untuk Modul MP3

Membuat power supply untuk modul MP3 dapat dilakukan dengan langkah-langkah yang sederhana namun penting. Power supply ini bertugas menyediakan daya yang dibutuhkan oleh modul MP3 untuk berfungsi secara optimal. Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat power supply untuk modul MP3 :

1. Menyiapkan modul pre amp. Untuk saat ini sudah banyak tersedia MODUL PRE AMP yang dijual dipasaran dan sudah dilengkapi dengan remote contro-nya. Ada 6 sambungan yang terdapat didalam modul pre amp yang bis akita beli dipasaran, antara lain : VCC (Tegangan suplai positif), gnd (ground), L out, gnd (ground untuk output), dan ant (untuk sambungan kabel antenna FM.

Baca Juga :  Outdoor AC Mati tapi Indoor Hidup? Cek Segera di Bagian ini Ya!!

2. Terdapat Fasilitas tambahan diantaranya adalah  Aux-L dan Aux-R, yaitu perlengkapan untuk input eksternal. Selain itu, untuk fasilitas tambahan ini juga  bisa difungsikan dengan menambahkan sambungan kabel untuk soket jack RCA. Tidak hanya itu, untuk Input Aux ini juga bisa disambungkan ke berbagai rangkaian pre-amp eksternal lainnya seperti mic mixer, line-out tape deck, audio-out TV, audio-out DVD player, line-out sound PC/laptop, dan lain-lain. Dengan demikian,

melalui USB pre-amp dapat disalurkan berbagai macam keluaran audio untuk diperdengarkan setelah diperkuat oleh bagian power-amplifier yang akan menyertainya.

3. Menyiapkan aki  untuk digunakan sebagai bahan pembuatan Power Supply Modul MP3. Dalam kondisi baterai atau aki terisi penuh, maka untuk daya yang dihasilkan adalah sebesar 5W (THD10%) pada beban speaker 4Ω. Selain itu, meskupun didalam rangkain pre amp tidak ada tambahan tone controlnya, untuk nada yang dihasilkan tetap menghasilkan nada yang baik karena untuk pengaturan nada sudah divariasikan dari unit USB Prem Amp.

4. Terdapat “tone-mode” yang dapat disetel melalu remote-control USB pre-amp.

Bagi sobat mintang yang menginginkan output sura yang lebih besar maka bisa menggunakan Amplifier BTL LA4225. Selain itu, Dengan modul rangkaian itu output USB pre-amp (L out atau R out) tinggal langsung disambungkan saja ke input rangkaian BTL LA4225 sedangkan Vcc USB pre-amp disambungkan ke tegangan suplai 12V, yaitu V+ pada rangkaian power-amplifier setelah melalui resistor 18Ω dan diberi kondensator filter 470µF/16V

Untuk versi stereo rangkaian BTL LA4225 perlu dibuat dua unit. Konsekuensi penggunaan amplifier yang lebih besar adalah diperlukannya aki/baterai yang berkapasitet lebih besar pula. Setidaknya diperlukan aki 10AH, lebih baik lagi jika lebih.

5. Setelah perakitan selesai maka jangan lupa untuk melakukan pengecekan ya bestie. Pengecekan dapat dilakukan dengan menggunakan DC Regulator.

Baca Juga :  Skema Power Amplifier 5000 Watt + PCB Layout dan Cara Merakitnya

 

Cara Merakit Power Supply untuk MP3 dengan Bluetooth

Saran untuk sobat mintang semua, jika diantara berniat untuk sobat mintang untuk membuat Modul MP3 maka jangan lupa dengan tegangan sekitar 7 -12 ampere serta 1 volt. Selain itu, ada beberapa rangkaian yang digunakan untuk melakukan perakitan power supply untuk Modul MP3, diantara lain :

1. Driver power

Bagian ini berfungsi sebagai penguat akhir sinyal audio ke beban speaker.Sebaiknya transistor final diberi heatsink (pendingin) yang memadahi. Bila perlu diberi fan atau kipas untuk meredam panas yang ditimbulkan.

Pertemuan antara transistor final dengan heatsink harus diberi mika sebagai isolator. Tambahkan juga silicon greace.

– Gunakan kabel yang besar sebagai penghubung power supply ke driver power.

– Gunakan kabel besar untuk menghubungkan driver power ke output speaker.

– Gunakan kabel head sebagai penghubung driver power ke output tone control

2. Tone Control, berfungsi untuk mengontrol nada sebelum dikontrol oleh control driver.

Untuk membuat tone control yang baik, maka sobat mintang harus:

– Gunakan kabel ground yang besar sebagai penghubung tone control ke power supply.

– Gunakan kabel head pada output tone control ke power driver.

– Gunakan kabel bawaan mp3 sebagai kabel input ke output modul MP3 bluetooth.

 

3. MP3 Bluetooth

Pada saat membuat MP3 bluetooth jangan lupa untuk memperhatikan kabel power supply jagan sampai terbalik antara – dan +. Selain itu, gunakan kabel bawaan sebagai penghubung modul MP3 ke power supply. Selain itu, untuk meminimalisir terjadinya bnoise jauhkan trafo dari tune control, power driver, dan Modul MP3.

 

Akhir Kata

Demikian diatas adalah artikel mengenai Cara Merakit Power Supply Untuk Modul MP3. Semoga apa yang dituliskan Mintang mengenai accessories speaker ini dapat bermanfaat untuk kalian dan bisa menjadi pertimbangan kalian. Mintang juga mohon maaf apabila ada yang kurang kalian pahami. Thank you and see you on next article. Sayonaraaa~