4+ Tips Cara Merakit Speaker Aktif Subwoofer agar Hasilnya Maksimal

Cara Merakit Speaker Aktif Subwoofer – Bagi sobat yang sedang mencari tahu Cara Merakit Speaker Aktif Subwoofer maka kalian dapat menyimak artikel ini hingga selesai agar kalian bisa mengetahui dan mempraktekan mengenai kiat-kiat ini dengan benar dan tepat.

Cara Merakit Speaker Aktif Subwoofer

Cara Merakit Speaker Aktif Subwoofer

Apakah diantara sobat mintang ada yang mengetahui tentang istilah speaker aktf subwoofer? Seperti yang sudah kita ketahui bahwa untuk saat ini sudah tersedia banyak sekali jenis speaker salah satu speaker aktif subwoofer. 

Speaker Aktif Subwoofer adalaha salah satu jenis speaker yang biasanya kita jumpai didalam instalasi rangkaian audio mobil. Memiliki frekuensi yang rendah, untuk frekuensi dari speaker ini berkisar antara 10 hingga 20 hxz. Selain itu, hadirnya speaker subwoofer menghasilkan output kualitas suara yang lebih baik karena spektrum dari frekuensi dapat terpenuhi dengan menjadi lebih baik tentunya.

Kegunaan dan Fungsi Speaker Aktif Subwoofer

Pada saat sedang dalam perjalanan jauh menggunakan mobil, tentunya terkadang kita memerlukan hiburan seperti menonton atau mendengarkan music. Namun, terkadang kita mengalami kendala dikarenakan suara dari speaker mobil mengeluarkan output suara yang nggrandet- nggrandet.

Sebagai bentuk kebaikan mintang kepada kalian, saat ini mintang akan merekomendasikan kepada kalian untuk mengatasi suara dari speaker mobil. Dengan menggunakan speaker aktif sub woofer, seperangkat komponen audio mobil ini dapat digunakan untuk menghasilkan suara hingga frekuensi terendah pada audio.

Selain itu, untuk fungsi utama dari speaker aktif sub woofer ini adalah sebagai penghasilan suara saat berada pada nada rendah dengan frekuensi komponen audio sekitar 10 hingga 200 hz sehinngga membuat suara audio pada model menjadi terdengar lebih halus dan jelas.

Baca Juga :  5+ Kelebihan dan Kekurangan Canon Powershot SX430 IS, Cek Segera!

Tips Cara Merakit Speaker Aktif Subwoofer yang Bagus

Pertanyaan yang sering muncul dibenak orang yang ingin merakit speaker aktif subwoofer, bagaiamana cara merakit speaker aktif sub woofer? Dibawah ini mintang akan membagikan tips dan trik untuk pemula mungkin akan mengalami sedikit kendala pada saat merakit speaker aktif subwoofer, namun tidak perlu khawatir karena para sobat mintang bisa mengikuti beberapa tutorial yang dapat kalian jadikan sebagai bentuk referensi sebelum melakukan perakitan speaker aktif subwoofer.

Pada saat melakukan perakitan speaker aktif subwoofer memang membutuhkan daya imajinasi yang tinggi, kemampuan serta pengetahuan yang cukup. Apabila sobat mintang menginginkan hasil suara yang menggelegar, maka ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Dibawah ini adalah beberapa tutorial yang dapat dilakukan untuk cara perakitan dari speaker aktif sub woofer:

1. Perhatikan Bagian Rangkaian Penyatu Pada Dual Input

Langkah pertama dalam melakukan perakitan speaker aktif sub woofer adalah wajib memperhatikan poin pertama yaitu untuk subwoofer ini lebih mampu dalam mengangkat nada yang rendah. Meskipun pada dasarnya subwoofer tidak terlalu mumpuni ketika harus membawa nada yang tinggi, namun setidaknya sobat mintang  bisa untuk menggunakan cara lain supaya lebih aman yaitu dengan menggunakan  Transistor c945 .

Selain itu sobat mintang juga bisa mencoba menggunakan transistor jenis  yang lainnya. Dengan melakukan hal ini maka akan membantu sobat mintang supaya bisa menemukan cara merakit subwoofer rumahan mini yang mampu memberikan hasil lebih memuaskan, yaitu suara yang keras dan menggelegar.

Baca Juga : Perbedaan Suara Speaker 4 ohm dan 8 ohm

 

2. Buffer Audio Pada Satelit

Untuk perakitan speaker aktif subwoofer dengan menggunakan buffer audio satelit pasangan dari subwoofer ini bisa dibuat secara ganda. Terlebih lagi bagi sobat mintang yang memiliki piranti berupa stereo, maka untuk utama dari kinerja rangkaian nya yaitu menyatukan stereo atau dua input supaya bisa menjadi mono atau 1 output tanpa harus melakukan interferensi dari channel R. Untuk pengguna piranti mono cukup dengan input satu saja.

Baca Juga :  5+ Review Kelebihan dan Kekurangan Printer Epson L3110 Tahun 2023

3. Membangkitkan Nada Rendah

Untuk membangkitkan nada rendah pada tingkat yang pertama ini bisa dilakukan pada output yang sudah disatukan melalui r47k yang dapat menambah komponen sebanyak 2 saja. Selain itu, sobat mintang juga bisa menggunakan 2200 watt atau lebih sedikit.

Apabila sudah sampai pada tahap ini maka untuk nada menengah atau nada tinggi sudah mulai menipis dan mulai dominan nada rendah. Akan tetapi hal ini juga bisa menjadikan terdengar lebih rendah atau lebih kecil. Untuk mengatasi hal ini maka Anda harus lanjut pada tahap berikutnya, yaitu pada tahap penguat transistor fungsi ganda.

4. Penguat Transistor

Pada tahap penguat transistor untuk fungsi ganda audio sudah diredam pada nada tinggi maupun nada menengahnya dan saat ini masuk pada basis penguat transistor. Penguat transistor ini disebut sebagai fungsi ganda. Hal ini disebabkan bagian sampingnya digunakan untuk menguatkan volume dan digunakan untuk meredam nada tinggi atau nada menengah.

Pada peredam ini bisa saja terjadi pada pemasangan basis ke bagian kolektor pada R6 atau 1 Mega yang terdapat pada paralel dengan 8.20 Pico, yang mana hal ini juga dapat setara dengan kapasitor 470 PF sampai dengan 1000 PF. Penguat transistor ini penting untuk dipertimbangkan ketika merakit subwoofer.

Baca Juga : Perbedaan Speaker Woofer dan Subwoofer Lengkap

 

Apabila proses pembuatan rangkaian sudah selesai, maka  sobat mintang jangan lupa untuk melakukan pengecekan dan penelitian terlebih dahulu untuk memastikan bahwa suara benar-benar pas. Apabila sudah yakin maka silahkan 0% kan pada semua potensi volume yang terdapat pada amplifier maupun subwoofer. Setelah itu, kalian dapat memasukkan tegangan secara perlahan kemudian putar volume.

Akhir Kata

Demikian diatas adalah artikel mengenai Cara Merakit Speaker Aktif Subwoofer. Semoga apa yang dituliskan Mintang bermanfaat untuk kalian dan bisa menjadi pertimbangan kalian. Mintang juga mohon maaf apabila ada yang kurang kalian pahami. Thank you and see you on next article. Sayonaraaa~

Baca Juga :  5+ Kelebihan dan Kekurangan TV Samsung N4001 2023, Cek Sekarang!